Pernyataan Sikap PAKAR PANGAN Atas Kasus Kekerasan di HKBP Ciketing Bekasi (http://beritamanado.com)

Salam hormat,

Menyikapi kasus kekerasan yang terjadi di HKBP Ciketing Pondok Timur Bekasi, kami dari Partai Karya Perjuangan (PAKAR PANGAN) menyampaikan hal sebagai berikut:

1.       Mengutuk pelaku aksi kekerasan yang telah menyebabkan jatuhnya korban Pendeta HKBP Pdt Luspida Simanjuntak dan pengurus HKBP St A Sihombing, yang saat kejadian sedang mempersiapkan diri untuk beribadah. Apapun alasan pelaku telah menjadi sebuah bentuk gangguan pada stabilitas keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.       Mendesak kepada Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, untuk segera mengambil langkah cepat dan strategis, dalam memberikan perlindungan kepada seluruh umat beragama yang menjalankan ibadahnya, khususnya pada kelompok minoritas.

3.       Mendesak kepada aparat penegak hukum, khususnya Kepala PolriKapolri Bambang Hendarso Danuri, segera mengusut dan mengambil tindakan tegas kepada para pelaku sesuai peraturan yang berlaku. Selain itu, jajaran Polri harus memberikan perlindungan kepada umat beragama yang menjalankan ibadahnya.

4.       Meminta kepada Komnas HAM dan DPR RI untuk membentuk tim pencari fakta dalam mengungkap dugaan pelanggaran HAM dalam kasus kekerasan di HKBP Ciketing. Hasil investigasi ini, harus diumumkan ke hadapan publik, tentang ada atau tidaknya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh negara.

5.       Mengimbau semua pihak untuk menahan diri dan tidak menimbulkan konflik agama dalam kasus ini. Maka dari itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama harus mengambil langkah jangka panjang sebagai mediator dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Demikian surat pernyataan ini dibuat, semoga bisa menjadi bagian dari rekomendasi dalam mengatasi kasus kekerasan di HKBP Ciketing Pondok Timur Bekasi.

Jakarta, 14 September 2010

Salam Hormat,

Jackson Kumaat

Sekjen Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan)

Posted via email from Jackson Kumaat

0 komentar: