JAK Siap Boyong Investor

MANADO — Bakal calon wakil gubernur, Jackson Kumaat mengaku siap membawa investor asing ke Bumi Nyiur Melambai untuk berperan dalam pengelolaan kekayaan sumber daya alam (SDA). Menurut Jacko, Sulut memiliki potensi SDA besar yang sampai saat ini belum dikelola optimal. “Pengelolaan hasil alam perlu didukung oleh semua pihak baik swasta maupun asing, tapi harus untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Jacko, kemarin.
Ia mengungkapkan, banyak kalangan investor yang ingin menanamkam modalnya di Sulut, untuk mengembangkan potensi SDA sebagai kekuatan ekonomi baru. Kata dia, investor sangat tertarik dengan pengelolaan sumber energi listrik, ikan, minyak sawit, pertanian dan pertambangan. “Jika investor difasilitasi, maka sumber daya alam akan lebih dikelola secara profesional dan tidak disalah-gunakan. Sesuai aturan hukum, hasil kekayaan alam harus masuk ke kas negara dan daerah,” tandas dia. Berdasarkan catatan redaksi, Jacko memiliki beberapa perusahaan dan industri yang berlokasi di Singapura, Hongkong dan London. “Nah, kalau investor asing dan pihak swasta yang saya undang datang di Sulut, saya yang menjadi jaminannya. Pajak mereka dipastikan masuk ke kas daerah. Sekarang ini era keterbukaan, jadi aliran dana pajak bisa dipantau langsung oleh masyarakat,” tegasnya.
Ia juga menepis anggapan, jika SDA dikelola oleh pihak investor asing atau dari luar Sulut, maka akan merugikan kepentingan daerah. Peran serta asing, ujar dia, tidak merusak nasionalisme, bahkan sebaliknya akan mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, keberadaan investor asing dan pihak swasta, tentunya akan melibatkan unsur kepentingan daerah, seperti untuk corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.(ras/ddt)

Posted via web from Jackson Kumaat

0 komentar: