11 Parpol Usung Jacko Rebut Kursi Sulut-2

Manado—Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) dan 10 partai politik se-Sulawesi Utara (Sulut) mendukung penuh Jackson Andre Kumaat (Jacko), yang mengajukan diri sebagai calon wakil gubernur dari PDI Perjuangan. Ke-11 parpol yang berkoalisi tersebut optimis bisa memenangkan Jacko, karena dianggap memiliki figur muda yang mampu memimpin dan memperjuang aspirasi rakyat.

Demikian dikatakan Ketua Partai Gabungan (Pargab) James K Runtuwene kepada wartawan (20/1), usai rapat internal Pakar Pangan di Hotel Aston Manado. Menurut rencana, Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Pakar Pangan akan menggelar Rapat Pimpinan DPP Pakar Pangan hari ini (21/1) di tempat yang sama.

”Saya terharu, Bung Jacko mendapat dukungan moral dari rekan-rekan parpol. Dukungan ini merupakan cermin arus bawah, tentang perlunya sebuah perubahan di Sulut,” kata James.

Selain Pakar Pangan, ke-10 parpol yang sudah menanda-tangani kontrak politik mendukung Jacko, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Merdeka, PNI Marhaen, PKNU, PKNUI, PMB, PSI, PIS dan PPRN. Dalam waktu dekat, kata dia, Pargab non-parlemen itu akan mendeklarasikan dukungan politik untuk Jacko menjelang Pilkada 2010 nanti.

Ia juga mengungkapkan, masih ada sejumlah parpol yang melakukan pendekatan dan lobi politik, dalam rangka meraih dukungan penuh dari parpol. ”Sampai saat ini, masih ada lima parpol yang sedang dalam proses penjajakan. Jumlah ini tidak akan berkurang, malah bisa jadi bertambah, karena tinggal masalah waktu saja,” ujar dia, tanpa menyebut nama-nama parpol tersebut.

Menurut James, dukungan itu sangat dibutuhkan untuk memperkuat basis-basis swing voters (massa mengambang-red). ”Figur muda dan mencintai rakyat kecil pada diri Bung Jacko, merupakan faktor menentukan untuk meraih simpati swing voters dan pemilih pemula,” kata dia.

Di tempat yang sama, Sekretaris Pargab H Syarief Wakid dan Bendahara Pargab Roona Kumaat mengaku sudah mempersiapkan program kerja pemenangan Pilkada. Menurut Syarif, pihaknya akan mensinkronkan program Pargab dengan kegiatan tim kampanye dari PDI Perjuangan.

”Kekuatan PDI Perjuangan dan Pargab sudah menjadi kekuatan baru di Sulut untuk memenangkan Bung Jacko,” tandas Syarief yang juga Ketua DPD PBB Sulut. (*)

http://beritamanado.com/2010/01/21/11-parpol-usung-jacko-rebut-kursi-sulut-2/

Posted via web from Jackson Kumaat

0 komentar: