Belasan Mantan Anggota DPR Ditahan


Sejumlah anggota DPR dan mantan anggota DPR yang menjadi tersangka dalam kasus suap pemilihan Deputi Senior Gubernur BI tahun 2004 diperiksa penyidik KPK sejak pagi tadi, Jumat (28/1). Mereka yang diperiksa antara lain mantan Ketua Komisi XI DPR Paskah Suzetta, Sofyan Usman dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Agus Condro yang pertama kali membuka kasus tersebut serta Nilu Mardiyani dan Engelina Pattiasina dari PDI Perjuangan. Sedangkan 20 tersangka lainnya diperiksa secara maraton hari ini.

Sekitar pukul 16.30 WIB, sejumlah tersangka yang sudah menjalani pemeriksaan, langsung ditahan. Nilu Mardiyani dan Engelina Pattiasina dari PDI Perjuanga, misalnya. Mereka langsung dibawa dengan mobil tahanan ke Rumah Tahanan Pondok Bambu.

Setelah itu, rombongan kedua tersangka yang ditahan, terdiri 9 mantan anggota DPR periode 1999-2004. Mereka di antaranya Paskah Suzetta (Golkar), Daniel Tanjung, Sofyan Usman, Poltak Sitorus, Sutanto Pranoto, Matheos Formes, Hafis Jawawi, dan M Iqbal serta Martin Briyaseran. Mereka dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang.

Paskah saat hendak memasuki mobil tahanan terus menuding bahwa penahanan dirinya dan tersangka lainnya sarat politik. Paskah mengaku akan memberikan perlawanan, dengan memberikan langkah-langkah politik. Namun Paskah belum bisa merinci langkah politik yang dia maksud.

Hingga berita ini dibuat, pemeriksaan masih berlangsung. Sedianya KPK memeriksa sekitar 26 tersangka. Namun 3 dari mereka mangkir tanpa penjelasan. Saat ini masih enam tersangka masih menjalani pemeriksaan, di antaranya politisi senior Panda Nababan.

Kehadiran Panda di KPK pun setelah dilakukan penjemputan paksa dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Saat itu politisi dari PDI Perjuangan tersebut hendak mengikuti Rapim PDI Perjuangan di Batam.(DSY)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa puluhan anggota dan mantan anggota DPR terkait kasus cek perjalanan pemilihan Deputi Senior Gubernur pada tahun 2004 yang dimenangkan Miranda Swaray Goeltom. Sekitar 12 orang di antaranya langsung ditahan. (metro tv)

Posted via email from Jackson Kumaat

0 komentar: