Jacko Turun Kelas Jadi Calon Walikota Manado

Manado – PDI Perjuangan mengaku siap memenangkan seluruh kompetisi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di tingkat provinsi, kabupaten dan kotamadya. Ketua DPD PDI-P Freddy Harry Sualang mengatakan, pihaknya akan memasangkan Jackson Kumaat untuk Pilwako Manado 2010, karena memiliki kans kuat sebagai figur muda pemimpin masa depan.

“Partai Golkar dan Demokrat kan mengajukan figur muda untuk walikota Manado, makanya PDIP juga harus mengikuti trend tersebut,” kata Sualang (25/2/2009). Ia mengatakan hal itu, menanggapi rencana DPC PDIP Manado yang akan mengajukan Jackson Kumaat sebagai calon walikota Manado. Sebelumnya, Jacko–sapaan Jackson–mengajukan diri sebagai bakal calon wakil gubernur 2010-2015, melalui kendaraan politik PDI-P.

“Beliau (Jacko) pasti memiliki hitungan sendiri jika menerima permintaan dari balon Wagub ke Cawali Manado,” ujar dia. Sualang juga mempercayakan keputusan Jacko yang banting stir dari bakal calon Wakil Gubernur menjadi Calon Walikota Manado.

Namun demikian, ia belum bersedia berkomentar, tentang wacana posisi Jacko yang nantinya akan dipasangkan dengan Richard Sualang selaku Ketua DPC PDIP Manado. “Semuanya harus mengikuti mekanisme terlebih dahulu,” kilah dia.

Di kesempatan terpisah, Sekretaris DPC Manado Novie Lumowamengungkapkan, Jacko sempat mengatakan kesediaannya menjadi bakal calon Walikota Manado. Dalam pertemuan tersebut, para kader dan simpatisan PDI-P menyambut antusias sikap Jacko yang ‘rendah hati’ untuk menerima kepercayaan PDI-P sebagai bakal calon walikota.

“Pada rapat koordinasi DPC PDIP Manado bersama PAC dan pengurus ranting, tercetuslah juga dari beberapa kader dukungan untuk Jackson Kumaat ke Pilwako Manado, walau kita semua tahu beliau itu khan mendaftar ke wakil Gubernur, tetapai kesimpulannya, Jacko tetap akan kami usulkan ke Pilwako Manado, tinggal menunggu DPP,”urai Lumowa.

Namun ini memastikan, masuknya Jacko ke bursa Pilwako tidak akan mengenyampingkan para kandidat yang lain. “Mekanisme khan masih berjalan, jadi kesempatan calon lain tetap sama dan terbuka lebar,” tandas Lumowa.

Berdasarkan pantauan redaksi, Jacko yang selama ini telah mensosialisasikan diri sebagai calon wakil gubernur, kini mulai bersiap-siap menjadi Calon Walikota Manado. Meski di surat kabar dan baliho papan iklan Jacko masih mengklaim cawagub Sulut, namun di situs jejaring sosial Facebook, Jacko sudah memastikan dirinya selalu siap mendapat keputusan dari PDIP.

“Saya memang melamar ke Wakil Gubernur, tapi kalau sekarang atau nanti diutus ke Cagub Sulut, Pilwako, atau Pilbup, maka Saya selalu siap,” kata dia, beralasan.(*)

http://beritamanado.com/2010/02/25/jacko-turun-kelas-jadi-calon-walikota-manado-jackson-kumaat/

Posted via web from Jackson Kumaat

0 komentar: