Selamat Datang di Kota Terbersih

Manado Sulawesi Utara (Sulut) meraih penghargaan Adipura 2012 sebagai kota terbersih untuk kategori kota besar di Indonesia. Bersama Malang, Balikpapan dan Yogyakarta, kota Manado dinilai mampu mengelola lingkungan hidup.

 

Empat kota yang dinyatakan Kota Besar Terbersih tersebut memiliki sejumlah kriteria, yakni pengolahan sampah dengan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), pengendalian pencemaran air, keteduhan atau penghijauan, serta koordinasi antar sektor yang melibatkan peran aktif masyarakat.

 

Di Sulut sendiri, tiga daerah sudah langganan peraih Piala Adipura, yaitu Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), sementara Kota Kotamobagu yang tahun lalu mendapat sertifikat Adipura, untuk pertama kali menyabet Piala Adipura.

 

Namun, kini (sebagai warga yang tinggal di Kota Terbersih) dihadapkan persoalan utama yang dihadapi adalah mengubah mindset masyarakat untuk menjaga lingkungan. Menurut saya, pemerintah harus mampu menciptakan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, dan bukan sebatas pengelolaan lingkungan bersih.

 

Untuk itu, maka diperlukan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah, tidak merokok sembarang tempat, menjaga kualitas air, dan menanam tumbuhan hijau. Inilah tugas penting pemerintah dalam menumbuhkan peran warga.

 

Mudah-mudahan, predikat kota terbersih ini dapat memicu pertumbuhan sektor pariwisata di Manado. Apalagi, Taman Nasional Bunaken yang berada di wilayah administratef kota Manado, merupakan icon yang harus dipelihara kelestariannya. Semoga, penghargaan ini juga bisa menunjukkan Manado sebagai kota tujuan investasi, karena tentunya kalangan investor menginginkan daerah yang aman dan nyaman berinvestasi.

Tugu-adipura

Posted via email from Jackson Kumaat

0 komentar: